Sibutramine?

Jumat, 29 Juli 2011

Ada tiga merek obat-obatan pelangsing dengan embel-embel "herbal", "botanical", dan "natural" yang bisa didapat dengan mudah oleh masyarakat Indonesia melalui forum-forum online yang menjamur di dunia maya Indonesia yaitu: Lida Daidaihua, Meizitang, dan Meili. Semua obat-obatan ini sudah dilarang peredarannya oleh FDA (U.S. Food and Drug Administration - Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) sejak tanggal 20 Maret 2009 karena FDA menemukan bahwa obat-obatan tersebut mengandung zat Sibutramine:

Tiga merek obat-obatan pelangsing tersebut adalah:


Lida Daidaihua (Li Da Dai Dai Hua) sudah dilarang peredarannya oleh BPOM sejak tanggal 4 Juni 2010 melalui peringatan publik (public warning) bernomor KH.00.01.1.43.2397 tentang:
Public Warning/Peringatan Tentang Obat Tradisional Dan Suplemen Makanan Mengandung Bahan Kimia Obat

Dalam peringatan publiknya BPOM menyatakan Sibutramine (Sibutramin Hidroklorida) sebagai zat yang dapat meningkatkan tekanan darah (hipertensi), denyut jantung meningkat, sulit tidur, kejang, penglihatan kabur, gangguan ginjal.

Apakah ABC Acai Berry yang sedang booming di jagad online Indonesia ini layak untuk dicurigai mengandung Sibutramine?

quo-vadis-indonesia.blogspot.com menilai bahwa seluruh ABC Acai Berry yang beredar, tidak peduli siapa pun importirnya, sangat layak untuk dicurigai mengandung zat Sibutramine dengan alasan-alasan berikut ini:
  1. Semua produk (Lida Daidaihua, Meili, Meizitang, dan ABC Acai Berry) memiliki kemampuan untuk menurunkan berat badan secara drastis. Terlalu fantastis untuk produk-produk herbal.
  2. Kemiripan efek samping (bervariasi) yang dirasakan oleh pengguna seperti: tenggorokan kering, rasa haus yang mengganggu, mual-mual, meriang (tubuh dan atau telapak kaki terasa dingin).
  3. Kemiripan kontra indikasi. Kemasan obat-obatan ini mencantumkan bahwa produk mereka tidak boleh dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi, gangguan jantung, epilepsi, wanita hamil, dan wanita menyusui.
  4. MGL Corp terkait langsung dengan produk yang bernama Meizitang.
  5. MGL Corp juga memproduksi atau mengedarkan variant Daidaihua yang bernama Yunli Daidaihua.
  6. OEM Diet Pills
  7. OEM Diet Pills. MGL Corp menyediakan jasa OEM/ODM untuk produk obat-obatan pelangsing dimana bentuk produk (kapsul atau soft gel), warna, dan dosisnya dapat disesuaikan dengan keinginan pemesan. Dapat kita katakan bahwa "ABC Acai Berry is just another OEM Diet Pills."

Hingga penghujung bulan Juli 2011 ini BPOM tidak pernah mengeluarkan ijin terhadap peredaran ABC Acai Berry dan karenanya, hal yang paling bijaksana yang dapat Anda lakukan adalah menghentikan konsumsi obat dicurigai mengandung Sibutramine ini.

Untuk apa memiliki tubuh langsing jika Anda harus menderita gangguan jantung dalam beberapa tahun ke depan. Apa gunanya tampil seksi jika setiap minggu Anda harus cuci darah, pulang-pergi ke rumah sakit, karena ginjal Anda tidak mampu lagi berfungsi secara normal.

Pilihan ada di tangan Anda. Fakta-fakta sudah dipaparkan dengan jelas tanpa ada yang direkayasa. Gunakan logika dan hati nurani Anda ketika mendalami kenyataan yang dipaparkan oleh quo-vadis-indonesia.blogspot.com.

Berikut ini adalah tanggapan Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Badan POM  yang menyarankan untuk tidak mengkonsumsi produk yang tidak memiliki nomor registrasi Badan POM:

Subject: Mohon perhatian pengawasan peredaran obat pelangsing ABC Acai Berry
From: ulpk <ulpk@pom.go.id> 
Date: Tue, Aug 23, 2011 at 10:32 AM
To: Quo Vadis Indonesia <quo.vadis.indonesia@gmail.com>



Yth Quo Vadis Indonesia
di Tempat

Sehubungan dengan e-mail Saudara perihal keamanan dan legalitas produk Acai Berry bersama ini kami sampaikan bahwa untuk penelusuran data kami memerlukan data no registrasi acai berry tersebut, apabila belum ada no registrasinya berarti produk tersebut belum dievaluasi keamanan, mutu dan khasiatnya, disarankan tidak dikonsumsi

Demikian semoga bermanfaat
Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Badan POM
Jl Percetakan Negara no 23 Jakarta Pusat
Telp : 021-4263333
SMS : 021-32199000
email : ulpk@pom.go.id

[Quoted text hidden]

======================================================
www.pom.go.id
======================================================


Tulisan ini adalah bagian dari serial Kupas Tuntas ABC Acai Berry

0 comments:

Posting Komentar