Halalkah ABC Acai Berry?

Kamis, 21 Juli 2011


Selain perijinan dari Badan POM, bagi mereka yang ingin memasarkan makanan dan obat-obatan di Indonesia selayaknya mengajukan sertifikasi Halal dari LPPOM MUI.

Apakah ABC Acai Berry sudah dinyatakan halal oleh LPPOM MUI? Hingga penghujung bulan Juli 2011 LPPOM MUI tidak pernah mengeluarkan sertifikat halal untuk produk dengan label ABC Acai Berry.

Bagi non-muslim, tindakan mengkonsumsi ABC Acai Berry memiliki potensi membahayakan keselamatan tubuh karena produk tersebut belum dinyatakan aman oleh Badan POM. Bagi umat muslim, tindakan mengkonsumsi ABC Acai Berry memiliki potensi membahayakan keselamatan jiwa (ruh) karena ABC Acai Berry belum dinyatakan halal oleh LPPOM MUI.


Daftar produk-produk yang sudah disertifikasi HALAL oleh LPPOM MUI selalu dapat diakses oleh masyarakat pada:
Halaman Utama - Main Menu - List Of Halal Product
situs LPPOM MUI yang ada di URL http://www.halalmui.org/

Daftar produk bersertifikasi halal per bulan Juli 2011 dapat dilihat juga pada link berikut ini:
Daftar Produk Halal Juli 2011 (Ukuran file PDF: 1.85 MB)

Mengapa harus mempermasalahkan HALAL atau HARAM terhadap produk-produk suplemen yang dinyatakan sebagai produk natural atau alami?

Produk-produk suplemen yang dikemas dalam bentuk kapsul atau softgel yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar Gelatin. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai Gelatin yang dikutip dari id.wikipedia.org:
Gelatin merupakan protein yang diperoleh dari hidrolisis kolagen yang secara alami terdapat pada tulang atau kulit binatang.
Gelatin komersial biasanya diperoleh dari ikan, sapi, dan babi. Dalam industri pangan, gelatin luas dipakai sebagai salah satu bahan baku dari permen lunak, jeli, dan es krim. 

Pembahasan sedikit lebih mendetail mengenai Gelatin ini dapat dilihat pada artikel Gelatin yang ada di Wikipedia Berbahasa Inggris:
http://en.wikipedia.org/wiki/Gelatin

Bukan hanya umat Islam saja yang memiliki hak dan kewajiban untuk mempertanyakan ke-HALAL-an suatu produk. Ke-HALAL-an ini layak untuk disikapi secara kritis oleh umat Yahudi, Hindu, dan kaum vegitarian.


Tulisan ini adalah bagian dari serial Kupas Tuntas ABC Acai Berry

0 comments:

Posting Komentar